Saturday, March 14, 2009

guppy history

SEJARAH GUPPY
Bagi kalian penggemar guppy fish, mungkin ada yg belum tau nech tentang ditemukannya ikan guppy..Kalau gitu baca aja sejarahnya disini..
Spesies ikan ini sebetulnya sudah ditemukan di tahun
1856 oleh ilmuwan Jerman bernama Wilhelm Peters. Namun di tahun 1866,kembali ditemukan guppy dengan warna yang lebih bervariasi lagi dibandingkan yang ditemukan sebelumnya yaitu oleh R.J.L. Guppy. Dia menemukan ikan yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Ikan ini begitu menarik perhatiannya sehingga ia merasa perlu mengirim spesimen ini ke kurator British Museum yang bernama Albert C. L. G. Günther
. Setelah diperiksa, ikan ini ternyata merupakan spesies baru dan diberi nama "Girardinus guppyi" sebagai penghormatan bagi R.J.L. Guppy yang telah mengirimnya. meskipun telah ditemukan sebelumnya namun ikan ini lebih populer dengan sebutan ikan Guppy. Sehingga sampi saat ini ikan mungil berekor indah ini dinamakan ikan guppy. Jd qta tau skrg bahwa nama ikan guppy diambil dari nama penemunya.
Menurut Wikipedia

Guppy (Poecilia reticulata), juga dikenal sebagai millionsfish adalah salah satu spesies ikan air tawar yang paling populer di dunia. Merupakan bagian kecil dari famili Poecilidae (panjang ikan betina 4-6 cm, jantan 2½–3½ cm) dan seperti semua anggota famili-nya, ikan ini berkembang biak dengan melahirkan. Umumnya untuk membedakan jenis kelamin guppy, untuk betina ekor tidak berwarna dan badan cenderung besar. Tapi berbeda dengan jantan, warna pada ekor terlihat jelas.
Sebagai ikan hias, keindahan guppy dipancarkan dari ekornya yang lebar dan corak tubuhnya yang variatif. Bahkan, karena keindahannya itu, guppy juga dilagakan dalam kontes.
Seperti kontes di Singapura, Thailand, Malaysia, Brazil, Jepang dan di negara kita sendiri.
Bukan hanya itu menurut pengakuan pengusaha2 Indonesia, mereka kalau lg jalan2 ke Thailand pasti yang dibawa oleh2 ikan guppy.hehe.lucu juga..


No comments:

Post a Comment